Berpikir
besar dan bekerja keras untuk menentukan terget secara pasti adalah
sikap mental sejati yang harus diterapkan dalam apapun hidup kita. Tak
terkecuali dalam modifikasi mesin, terlebih lagi utamanya untuk balap.
Dengan penentuan target yang jelas, kita kemudian mampu menyusun
langkah-langkah untuk mewujudkannya.
Seringkali saya
menuliskan modifikasi sederhana, murah-meriah, dengan metode ubahan tak
jauh beda dari basic standard. Mungkin memang itulah pilihan cara
termudah , termurah dan kebanyakan orang mampu meraihnya, namun itu
tidak akan menolongmu untuk maju meninggalkan jauh yang lainnya, karena
merekapun sama-sama berada di jalur lambat.
Bagaimana bila mulai
saat ini dan kedepan, kami menantang kalian untuk berpikir besar,
bercita-cita besar tentang modifikasi kalian… bosan lah berpikir,
bagaimana agar mesin bisa awet 500 RPM lagi, apa efeknya menambah 5 cc
dalam silinder, menambah lift 0,5 milimeter, komponen yang lebih ringan
10 %, bagaimana menambah 2 Horsepower. . .
Membengkakkan kapasitas mesin (1)
Jika tidak ada aturan
yang membatasi kapasitas mesinmu, MAJULAH! Bangunlah mesin dengan
kapasitas terbesar di dunia balapmu! Jika perlu tambahlah ekstra sebuah
mesin lagi, jika kamu mau hehehe… ^_^
Aliran Udara raksasa (2)
Motor kamu pakai
karburator pe 28mm, klep honda sonic, yeah, siapa yang peduli, semua
juga sama pakainya! Mengapa tidak tampil beda, pe 32 milimeter! Klep
Mobil! Patoklah targetmu setinggi langit, yang tak pernah terfikir oleh
orang lain sebelumnya, dan kamu akan menjadi bintang.
RPM yang merobek telinga (3)
RPM yang merobek telinga (3)
Rumusan,
HP = RPM x Torque / 5252. Seharusnya mampu memberikan gambaran, semakin
tinggi RPM, semakin besar pula potensi angka tenaga mampu diraih. Yang
kamu butuhkan adalah kemampuan memasukkan bahan bakar ke mesin pada RPM
tinggi.
Kompresi yang meledakkan paking (4)
Kompresi yang meledakkan paking (4)
Setiap penambahan
kapasitas mesin, akan menuju pada peningkatan kompresi, namun ketahuilah
batasannya. Disini kita akan dengan senang hati membantu mendesain
ulang Dome (jenong) piston yang secara sempurna menyesuaikan kubah ruang
bakar sehingga mampu menghasilkan ledakan besar.
Pir Klep Terbaik (5)
Pir Klep Terbaik (5)
Untuk harian
menggunakan pir klep sonic, dari beberapa tahun kebelakang semua barang
itu sudah terpakai, bagaimana bila memulai abad baru di 2011 dengan
memakai pir klep swedia, atau bahkan pir klep jepang untuk harian.
Anggap saja itu pir klep biasa, bila sudah banyak yang memakai pasti
harganya akan turun sendiri… hehehe.. Esensi penggunaan pir klep terbaik
adalah, kita mampu mendesain noken as istimewa, baik durasi, lift dan
lsa nya. Siapa menyangka bahwa mesin bebek sanggup mampu menggapai lift 9
milimeter, tinggal beberapa langkah lagi mencapai ke idealan pemikiran
Graham Bell… dan itu tidak akan terwujud dengan pir klep standard,
payah…
Turbo dan NOS? ( 6 )
Turbo dan NOS? ( 6 )
Pengembangan mesin
Turbo dan Nos! Dan kamu akan mencetak sebuah foto sampul terdepan web
kita dan terpampang sepanjang masa, dan tak terbayangkan betapa banyak
reporter mencari kamu untuk mengisi Head Line mereka!
Untuk memutuskan apakah kalian sudah berpikir besar bagi dunia yang kamu tekuni, tanyakanlah…
- Pernahkah itu dilakukan sebelumnya,
- Mungkinkah dilakukan?
- Akankah orang berpikir aku gila?
Jika seluruh
jawabanya adalah IYA! Maka lakukanlah… cukup bosan lah dengan pertanyaan
mas berapa habisnya jika bikin mx seperti yang itu, kalau punya saya
digituin kaya yang di artikel itu habis berapa ya… kalau jupiter pake
seker kaze aman gak, kalau noken as nya beli jadi merk apa ya, enaknya
pake brt hyperband atau rextor programable bla bla bla… ke depan kami
menunggu tantangan, mas buatkan saya megapro yang melebihi headline mas
tentang megaproholic 200cc, jika perlu megapro 250 cc dengan pengapian
rextor prodrag dan karbu pe32mm dan jadikan saya bintang! Itu lebih
terdengar mantap!!!
Oke, kalian tahu
bahwa RAT akan semakin GILA tahun- demi tahun, dan saudara-saudaraku
pecinta motor, pecinta dunia modifikasi mesin, para pecinta balap yang
ingin lebih profesional , tetap lah berpikir besar dan ingatlah… bahwa
kita yang akan memajukan teknologi mesin INDONESIA, jika kita mampu
menghentikan impor fil Holywood, kita juga mampu berhenti membanggakan
produk racing part luar negeri di dalam mesin kita, memalukan uang kita
beterbangan ke mereka, sementara di negeri ini tak kurang-kurangnya
potensi mekanik yang ada!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar